Bupati Rohul Lantik 35 Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak 2018



PASIR PENGARAIAN (Gardasatu.com) - Bupati Rokan Hulu (Rohul), Sukiman melantik 35 kepala desa (Kades) hasil pilkades serentak yang dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2018 lalu,

Pelantikan 35 kepala desa tersebut berlansung di aula Masjid Islamic Center Pasir Pengarayan, Senin (28/1/2019).

Turut hadir, Ketua DPRD Rohul, Kelmi Amri SH, Kapolres Rohul, AKBP M. Hasyim Risahondua, Kajari Freddy Daniel Simanjuntak, Sekda Rohul, Abdul Haris, para kepala dinas, camat dan ratusan masyarakat Rokan Hulu dari 16 kecamatan.

Bupati Rohul, Sukiman mengatakan pelantikan 35 kepala desa terpilih dari pelaksanaan Pilkades pada 12 Desember 2018 yang dilaksanakan di 51 desa. Namun untuk 16 desa lagi masa jabatan kepala desanya belum habis sehingga pelantikannya masih ditunda.

Menurut Bupati, kepala desa yang dilantik merupakan figur dan ujung tombak dalam pelaksanaan pembangunan di tingkat desa, dan kepala desa harus juga harus  bisa membawa kemajuan bagi desa yang dipimpinnya.

"Saya juga meminta kepala desa terpilih bisa merangkul para relawan atau tim kepala desa yang kalah dalam pemilihan,  sehingga dalam pelaksanaan roda pemerintahan desa terutama untuk pembangunan tidak lagi kebutuhan kelompok atau tim pemenangan pilkades, namun murni untuk seluruh masyarakat desa yang dipimpinnya," harap Sukiman.

Masih di tempat yang sama kepala Desa Sontang Kecamatan Bonai Darussalam yang merupakan petahana dan menjadi kades dua periode,   Zulfarianto (28/1) mengatakan akan melanjutkan yang belum terealisasi selama enam tahun memimpin Desa Sontang.

Program selanjutanya masa jabatan 2019 - 2025 pertama  untuk pembangunan drainase sepanjang 7 kilo meter di masing - masing dusun yang saat ini belum terlaksana sepenuhnya selama dirinya menjabat enam tahun lalu."Seterusnya pembuatan stadiun mini, semenisasi jalan dan pembangunan jalan baru," terang Anto.

Sedangkan Kepala Desa Rantau Benuang Sakti (RBS) yang baru menjabat, Thamrin (28/1) mengatakan program utama dirinya menjadi kepala desa  untuk membangun desa RBS ke arah yang lebih baik.

"Karena desa kami ini merupakan desa paling ujung dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Rohil yang selama ini kurang perhatian dari pemerintah, apalagi desa kami merupakan desa bersejarah lahirnya Tuan Guru Syeh Abdul Wahap Rokan tentu dengan kamitmen kami pemerintah nantinya akan mempertikan desa kami sehingga tidak ketinggaoan desa lainnya yangbsudah lebih maju," ujarnya.

Komitmen berikutnya,  untuk perbaikan jalan menuju desa RBS yang saat ini kondisinya masih mengalami kerusakan terutama pada musim penghujan kondisi jalan sulit untuk dilalui oleh kendaraan roda dua, pengelolaan tata desa dan termasuk untuk penerangan listrik PLN.

"Kita juga minta dukungan semua pihak untuk memajukan Desa RBS ke depan, karena desa ini butuh perhatian khusus dari pemerintah Kabupaten Rohul," kata Thamrin mantan Anggota TNI tersebut.(***)